Translate

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Sabtu, 17 Februari 2024

CARA MENULIS DAN MEMPUBLIKASIKAN KARYA ILMIAH

 

Apa yang terjadi selanjutnya setelah Anda selesai melakukan penelitian? Tentu saja mempublikasikan hasilnya dalam jurnal bukan? Kami memberi tahu Anda cara mempresentasikan karya Anda sebaik mungkin.

Saat ini, sebuah artikel baru diterbitkan di 50.000 jurnal peer-review setiap beberapa detik, sementara masing-masing artikel membutuhkan rata-rata 40 menit untuk dibaca. Ada ratusan ribu artikel sampai di meja editor dan reviewer di seluruh dunia setiap tahunnya dan 50% dari seluruh naskah akhirnya ditolak pada tahap tertentu.

Singkatnya: ada banyak persaingan, dan orang-orang yang menentukan nasib artikel Anda kekurangan waktu dan terlalu banyak bekerja. Namun ada cara untuk membuat hidup mereka sedikit lebih mudah dan meningkatkan peluang Anda untuk menerbitkan karya Anda!

Bagaimana caranya ?

 Ini mungkin tampak jelas, tetapi sebelum mengirimkan makalah akademis, selalu pastikan bahwa makalah tersebut mencerminkan penelitian yang telah Anda lakukan dengan baik dan Anda menyajikannya dengan cara yang paling profesional. Naskah yang tidak lengkap atau disajikan dengan buruk dapat menimbulkan frustrasi dan gangguan besar bagi editor yang mungkin tidak mau repot-repot membuang waktu para reviewer!

Posting ini akan membahas 7 langkah sukses publikasi makalah penelitian Anda

  • Periksa apakah penelitian Anda siap dipublikasikan
  • Pilih jenis artikel
  •  Pilih jurnal
  • Buatlah makalah Anda
  • Tentukan urutan penulis
  • Periksa dan periksa kembali
  • Kirimkan makalah Anda

 1. PERIKSA APAKAH PENELITIAN ANDA SIAP DIPUBLIKASIKAN

Haruskah Anda mempublikasikan penelitian Anda?

Jika karya Anda memiliki nilai akademis – tentu saja – artikel ilmiah yang ditulis dengan baik dapat membuka pintu bagi komunitas riset Anda. Namun, jika Anda belum yakin apakah penelitian Anda siap untuk dipublikasikan, berikut beberapa pertanyaan kunci yang dapat Anda tanyakan pada diri Anda sendiri tergantung pada bidang keahlian Anda:

  • Pernahkah Anda melakukan atau menemukan sesuatu yang baru dan menarik? Sesuatu yang unik?
  • Apakah karya tersebut berhubungan langsung dengan topik hangat saat ini?
  • Sudahkah Anda memeriksa hasil atau penelitian terkini di lapangan?
  • Sudahkah Anda memberikan solusi terhadap masalah sulit apa pun?
  • Apakah temuannya sudah diverifikasi?
  • Apakah pengendalian yang tepat telah dilakukan jika diperlukan?
  • Apakah temuan Anda komprehensif?

Jika jawaban atas semua pertanyaan relevan adalah “ya”, Anda perlu menyiapkan naskah yang baik dan kuat. Ingat, makalah penelitian hanya berguna jika dipahami dengan jelas, dapat direproduksi, dan dibaca serta digunakan.

2. PILIH JENIS ARTIKEL

Langkah pertama adalah menentukan jenis artikel mana yang paling sesuai untuk pekerjaan Anda dan apa yang ingin Anda capai. Daftar berikut berisi jenis artikel paling penting yang biasanya ditinjau oleh rekan sejawat dalam ilmu alam:

 Makalah penelitian asli lengkap (Full original research papers) menyebarkan temuan penelitian yang telah selesai. Rata-rata makalah jenis ini panjangnya 8-10 halaman, memuat lima gambar, dan 25-30 referensi. Makalah penelitian asli yang lengkap adalah bagian penting dari proses pengembangan karir Anda.

Makalah ulasan (Review papers) menyajikan sintesis kritis dari topik penelitian tertentu. Makalah ini biasanya lebih panjang dari makalah asli dan berisi banyak referensi. Seringkali, mereka ditugaskan oleh editor jurnal. Ulasan menyajikan cara terbaik untuk memantapkan karier penelitian Anda.

Surat, Komunikasi Cepat atau Singkat (Letters, Rapid or Short Communications) sering kali diterbitkan untuk komunikasi cepat dan awal mengenai kemajuan yang signifikan dan orisinal. Artikel ini jauh lebih pendek daripada artikel lengkap dan biasanya dibatasi panjangnya oleh jurnal. Jurnal yang khusus didedikasikan untuk komunikasi singkat atau surat juga diterbitkan di beberapa bidang. Dalam hal ini penulis dapat menyajikan temuan awal singkat sebelum mengembangkan makalah yang lengkap.

3. PILIH JURNAL

Kirimkan ke jurnal yang sudah Anda baca dan  yang Anda sukai. Jika Anda melakukannya, Anda akan memiliki apresiasi yang lebih baik terhadap prosedur dan persyaratan para editor dan reviewer.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jurnal adalah:

  • Bidang subjek tertentu
  • Tujuan dan ruang lingkup jurnal
  • Jenis artikel yang Anda tulis
  • Signifikan tidaknya dengan pekerjaan Anda
  • Reputasi jurnal
  • Reputasi editor dalam komunitas
  • Kecepatan editorial/review dan produksi jurnal
  • Masyarakat yang dilayani oleh jurnal
  • Cakupan dan distribusinya
  • Aksesibilitas (akses terbuka vs. akses tertutup)

 4. KONSTRUKSI PAPER ANDA

Setiap elemen makalah memiliki tujuannya masing-masing, jadi Anda harus membuat bagian ini mudah untuk diindeks dan dicari.

Jangan lupa bahwa persyaratan bisa sangat berbeda untuk setiap publikasi, jadi selalu pastikan untuk menerapkan instruksi – atau panduan khusus jurnal – bagi penulis pada naskah Anda, bahkan pada draf pertama (tata letak teks, kutipan makalah, tata nama, gambar dan tabel, dll.) Ini akan menghemat waktu Anda, dan waktu editor.

 Selain itu, bahkan di masa penerbitan berbasis internet saat ini, ruang masih sangat terbatas, jadi buatlah sesingkat mungkin. Seperti yang dikatakan oleh seorang jurnalis yang baik: “Jangan pernah menggunakan tiga kata ketika satu kata bisa digunakan!”

Mari kita lihat struktur khas makalah penelitian lengkap, namun ingatlah bahwa disiplin ilmu tertentu mungkin memiliki persyaratan spesifiknya sendiri, jadi periksa instruksi untuk penulis di halaman beranda jurnal.

4.1 JUDUL (THE TITLE)

Penting untuk menggunakan judul untuk memberi tahu pembaca tentang isi makalah Anda! Anda ingin menarik perhatian mereka, seperti halnya judul surat kabar. Bersikaplah spesifik dan to the point. Jagalah agar tetap informatif dan ringkas, dan hindari jargon dan singkatan (kecuali jika hal-hal tersebut diakui secara universal seperti DNA, misalnya).

4.2 ABSTRAK (THE ABSTRACT)

Ini bisa disebut sebagai “iklan” untuk artikel Anda. Buatlah menarik dan mudah dipahami tanpa pembaca harus membaca keseluruhan artikel. Bersikaplah akurat dan spesifik, dan buatlah sesingkat dan sesingkat mungkin. Beberapa jurnal (khususnya di bidang medis) akan meminta Anda menyusun abstrak dalam bagian-bagian yang berbeda dan diberi label, sehingga membuatnya lebih mudah diakses.

Abstrak yang jelas akan mempengaruhi apakah karya Anda dipertimbangkan atau tidak dan apakah editor harus menginvestasikan lebih banyak waktu atau mengirimkannya untuk ditinjau.

4.3 KATA KUNCI (KEYWORDS)

Kata kunci digunakan oleh layanan abstrak dan pengindeksan, seperti PubMed dan Web of Science. Itu adalah label naskah Anda, yang membuatnya “dapat dicari” secara online oleh peneliti lain.

Sertakan kata atau frasa (biasanya 4-8) yang berkaitan erat dengan topik Anda tetapi tidak “terlalu khusus” bagi siapa pun untuk menemukannya. Pastikan untuk hanya menggunakan singkatan yang sudah ada. Pikirkan tentang istilah ilmiah dan variasinya yang mungkin digunakan dan dicari oleh calon pembaca Anda. Anda juga dapat melakukan uji coba kata kunci pilihan Anda di salah satu mesin pencari akademis umum. Apakah artikel serupa dengan artikel Anda muncul? Ya? Maka itu pertanda baik.

4.4 PENDAHULUAN (INTRODUCTION)

Bagian pertama dari teks utama ini harus memperkenalkan masalahnya, serta solusi apa pun yang Anda ketahui dan batasan utamanya. Juga, nyatakan apa yang ingin Anda capai dengan penelitian Anda.

Jangan bingung antara pendahuluan dengan hasil, diskusi atau kesimpulan.

4.5 METODE (METHODS)

Setiap artikel penelitian harus menyertakan bagian Metode yang terperinci (juga disebut sebagai “Bahan dan Metode”) untuk memberikan informasi yang cukup kepada pembaca agar dapat menilai apakah penelitian tersebut valid dan dapat direproduksi.

Sertakan informasi rinci sehingga pembaca yang berpengetahuan luas dapat mereproduksi eksperimen tersebut. Namun, gunakan referensi dan materi tambahan untuk menunjukkan prosedur yang telah diterbitkan sebelumnya.

4.6 HASIL (RESULTS)

Di bagian ini, Anda akan menyajikan hasil penting atau utama dari studi Anda. Untuk menampilkannya dengan cara yang mudah dipahami, Anda harus menggunakan subjudul serta ilustrasi seperti gambar, grafik, tabel dan foto, jika diperlukan.

4.7 PEMBAHASAN (DISCUSSION)

Di sini Anda harus memberi tahu pembaca Anda apa arti hasilnya.

Nyatakan bagaimana hasil tersebut berhubungan dengan tujuan dan hipotesis penelitian dan bagaimana temuan tersebut berhubungan dengan penelitian lain. Jelaskan semua kemungkinan interpretasi atas temuan Anda dan keterbatasan penelitian.

Jangan membuat “pernyataan besar” yang tidak didukung oleh data. Selain itu, jangan memperkenalkan hasil atau ketentuan baru apa pun. Selain itu, jangan abaikan pekerjaan yang bertentangan atau tidak sesuai dengan temuan Anda. Alih-alih …

Beranilah! Atasi hasil studi yang bertentangan dan yakinkan pembaca bahwa Andalah yang benar.

4.8 KESIMPULAN (CONCLUSION)

Kesimpulan Anda bukan sekadar ringkasan dari apa yang telah Anda tulis. Ini akan membawa makalah Anda selangkah lebih maju dan menjawab pertanyaan apa pun yang belum terselesaikan.

Ringkaslah apa yang telah Anda tunjukkan dalam penelitian Anda dan tunjukkan kemungkinan penerapan dan perluasannya. Pertanyaan utama yang harus dijawab oleh kesimpulan Anda adalah: Apa arti hasil penelitian saya bagi bidang penelitian dan komunitas saya?

4.9 UCAPAN TERIMA KASIH DAN PERNYATAAN ETIS (ACKNOWLEDGMENTS AND ETHICAL STATEMENTS)

Sangatlah penting untuk mengucapkan terima kasih kepada siapapun yang telah membantu Anda dalam pembuatan makalah Anda, termasuk peneliti yang memasok bahan atau reagen (misalnya vektor atau antibodi); dan siapa saja yang membantu penulisan atau bahasa Inggris, atau memberikan komentar kritis tentang konten tersebut.

Ingatlah untuk menyatakan mengapa orang-orang tersebut diakui dan meminta izin mereka. Pastikan Anda mengetahui sumber pendanaan, termasuk hibah atau nomor referensi.

 Selain itu, jika Anda pernah bekerja dengan hewan atau manusia, Anda perlu menyertakan informasi tentang persetujuan etis penelitian Anda dan, jika berlaku, apakah informed consent telah diberikan. Juga, nyatakan apakah Anda memiliki kepentingan yang bersaing mengenai penelitian ini (misalnya karena hubungan keuangan atau pribadi.)

4.10 REFERENSI (REFERENCES)

Akhir sudah di depan mata, tapi jangan santai dulu!

Secara de facto, sering kali terdapat lebih banyak kesalahan dalam referensi dibandingkan bagian lain naskah. Ini juga merupakan salah satu masalah yang paling menjengkelkan dan memakan waktu bagi editor.

Ingatlah untuk mengutip publikasi ilmiah utama yang menjadi dasar karya Anda. Namun jangan membesar-besarkan naskah dengan terlalu banyak referensi. Hindari kutipan diri yang berlebihan – dan terutama yang tidak perlu. Selain itu, hindari pengutipan berlebihan pada publikasi dari lembaga atau wilayah yang sama.

5. MEMUTUSKAN URUTAN PENULIS

Dalam sains, cara paling umum untuk mengurutkan nama penulis adalah berdasarkan kontribusi relatif.

Umumnya, penulis pertama melakukan dan/atau mengawasi analisis data serta penyajian dan interpretasi hasil yang tepat. Mereka menyatukan makalahnya dan biasanya mengirimkan makalah tersebut ke jurnal.

Rekan penulis memberikan kontribusi intelektual pada analisis data dan berkontribusi pada interpretasi data. Mereka meninjau setiap draf makalah. Semuanya harus mampu mempresentasikan makalah dan hasil-hasilnya, serta mempertahankan implikasi dan mendiskusikan keterbatasan penelitian.

Jangan tinggalkan penulis yang seharusnya dicantumkan atau tambahkan “penulis hadiah (gift authors)”, yaitu penulis yang tidak memberikan kontribusi signifikan.

6. PERIKSA DAN PERIKSA GANDA

Sebagai langkah terakhir sebelum penyerahan, mintalah rekan kerja untuk membaca karya Anda dan bersikap kritis secara konstruktif.

Pastikan makalah tersebut sesuai untuk jurnal – perhatikan tujuan dan ruang lingkupnya. Periksa apakah semua persyaratan dalam instruksi untuk penulis terpenuhi.

Pastikan literatur yang dikutip seimbang. Apakah maksud, tujuan dan signifikansi hasil sudah jelas?

Lakukan pemeriksaan terakhir untuk bahasa, baik oleh penutur asli bahasa Inggris atau layanan pengeditan.

7. KIRIMKAN PAPER ANDA

Ketika Anda dan rekan penulis Anda telah memeriksa naskah dua kali, tiga kali lipat, empat kali lipat: kirimkan melalui email atau sistem pengiriman online. Bersamaan dengan naskah Anda, kirimkan surat lamaran, yang menyoroti alasan mengapa makalah Anda menarik bagi jurnal dan yang memastikan bahwa Anda telah menerima persetujuan dari semua penulis untuk diserahkan.

Sekarang terserah pada editor dan peer-reviewer untuk memberikan komentar dan umpan balik mereka (idealnya konstruktif dan bermanfaat) kepada Anda. Saatnya mengambil nafas!

Jika makalah Anda ditolak, jangan putus asa – hal ini terjadi pada semua orang. Jika jurnal menyarankan revisi besar atau kecil, gunakan kesempatan ini untuk memberikan tanggapan menyeluruh dan lakukan perbaikan sesuai keinginan Anda. Jika makalahnya diterima, selamat!

Sekarang saatnya untuk menulis dan tetap semangat – semoga berhasil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar